Udo Lattek, Pelatih Tersukses Jerman, Tutup Usia

latteki
On February 5, 2015 by KampusBet

Agen Bola

Agen Bola – Udo Lattek, Pelatih Tersukses Jerman, Tutup Usia,

Pelatih paling sukses di Bundesliga, Udo Lattek, tutup usia tak lama setelah merayakan ulang tahun ke-80. Pelatih yang pensiun di Borussia Dortmund itu menderita stroke dan Parkinson di sisa umurnya.

Lattek, yang tak pernah punya kesempatan membela timnas negaranya semasa jadi pemain, diingat sebagai pelatih dengan berderet-deret kesuksesan. Dia mengoleksi 14 titel juara sepanjang karier kepelatihan. Dia juga sosok yang mempunyai peran besar terhadap sukses Bayern, termasuk dengan mengantarkan Die Roten memenangkan tiga turnamen mayor Eropa.

“Udo Lattek tak cuma pelatih paling sukses dalam sejarah Bundesliga. Dia adalah legenda dan kami begitu kehilangan dia,” kata presiden Federasi Sepakbola Jerman, Wolfgang Niersbach, seperti dikutip Guardian.

Sepanjang karier melatihnya, Lattek sukses menggondol delapan titel Bundesliga. Enam di antaranya dicetak bersama-sama Bayern dan dua lainnya dengan Borussia Moenchengladbach. Kursi pelatih Bayern di tahun 1970 didapatkan berkat rekomendasi Franz Beckenbauer.

Tak butuh waktu lama, Lattek bisa membawa Bayern menjadi raja di kompetisi kasta tertinggi Jerman tiga musim beruntun. Dia juga mengantarkan Bayern menguasai Piala Jerman dan di Piala Eropa 1975.

Kemudian dia menangani Muenchengladbach selama empat musim dan seolah begitu saja meraih sukses. Dua titel liga dan Piala UEFA disumbangkannya buat klub tersebut. Dia juga menjadikan Gladbach menjadi finalis Piala Eropa, kalah dari Liverpool di final.

Agen Bola

Lattek kemudian hijrah ke Barcelona pada 1981. Tangan dinginnya kembali membetot perhatian dunia. Barca meraih Piala Winners di tahun 1982 dan Copa del Rey. Trofi itu pun membuat dia sebagai pelatih yang sukses meraih tiga mahkota Eropa di tiga klub berbeda.

Setahun kemudian dia pulang ke Bayern. Sihirnya belum habis. Lattek kembali membuat Bayern menjadi juara liga dua musim dan dua Piala Jerman sebelum akhirnya hijrah ke Koln, Schalke dan pensiun di Borusssia Dortmund.

Ungkapan duka juga diberikan para kolega. “Uddo Lattek adalah pelatih Jerman paling sukses. Untuk beberapa dekade dia adalah sosok yang penting dalam olahraga, seorang tokoh nasional, dan internasional. Kami kehilangan satu sosok penting Bayern Munich, suporter fanatik dan seorang teman,” kata Presiden Bayern, Karl-Heinz Rummenigge.

Lattek meninggal dunia pada Minggu (1/2/2014) kemarin, dalam usia 80 tahun, setelah mengidap stroker sejak 2012, dan juga menderita parkinson dan demensia. Dortmund memberikan ucapan bela sungkawa secara khusus sebelum menghadapi Augusburg di Signal Iduna Park tadi malam. Para pemain dan penonton di stadion meluangkan waktu berdoa bersama untuk Lattek.

 

Kampusbet | Jendralpoker
Kami ada karena Anda

BBM : 2AE11015
SMS : +62 8788 7980 368
WhatsApp : +855 8731 8883
WeChat : KampusBet
YM : CSKampusbet@yahoo.com
Facebook : kampusbet
Twitter : Kampusbet
Google+ : Kampusbet